Aug 28, 2009

Aktor Terbaik

Aku selalu berusaha memainkan peranku dengan baik. Bahkan di depanmu, Aktor Terbaik. Aku selalu mengikuti dan menyesuaikan cerita yang dunia tawarkan padaku. Dan aku berhasil, penonton terpukau. Mereka bertepuk tangan meriah.

Suatu hari, entah kapan, dunia memintamu untuk bermain sebuah peran untukku. Ya, untukku. Menakjubkan bukan? Aku bahkan tak pernah memintamu bermain untukku. Dunia yang memintanya. Dan kau pun memainkannya dengan sangat sempurna. Aku terpukau. Suatu kehormatan yang besar bagiku kau mau melakukannya untukku, wahai Aktor Terbaik.

Kemudian kau memintaku untuk ikut bermain. Semula aku berpikir apakah aku harus bermain untuk diriku sendiri? Tidakkah akan terdengar lucu?

"Tidak," jawabmu. "Kau akan bermain untuk dunia. Ambillah peranmu."

Ya, kau memintaku untuk mengambil sebuah peran dan memainkannya bersamamu. Tunggu dulu. Aku akan bersanding denganmu, Aktor Terbaik? Pantaskah? Mampukah aku? Aku memang pernah memainkan peran ini bersama orang lain. Dan aku berhasil. Tapi denganmu? Entahlah. Kau memang memberiku sebuah peran, tapi kau memberiku naskah kosong. Apa maksudmu?

"Tulislah sendiri naskahmu. Sesuaikan dengan naskahku. Belajarlah menulis dan sekaligus memerankannya untuk dunia kali ini," jawabmu.

Aku pun membaca naskah peranmu. Itu naskah yang sangat sulit untuk aku ikuti sesuai dengan peran yang kau tawarkan. Aku pun hanya menaruh naskah kosongku dan tersenyum padamu.

Kau memainkan peran itu bagus sekali. Dan aku memainkan peranku, tapi bukan peran yang kau minta. Maaf. Beberapa kali kau memintaku memainkan peran itu. Bersamamu, bersanding denganmu. Tapi yang kulakukan hanyalah tersenyum untuk menjawabmu. Aku akan memainkan peranku sendiri untuk dunia di luar keinginanmu. Maaf. Senang berkenalan denganmu, Aktor Terbaik. Aku belajar banyak tentang peran untuk dimainkan di dunia ini darimu.

(NB: Kenapa ya saya sering dapet ide cerita iseng buat di-posting saat saya sedang di toilet? Hehe... Cerita ini terinspirasi setelah saya liat The Corpse Bride. Film yang salah satu pengisi suaranya adalah Johnny Depp, salah seorang yang berada dalam daftar Aktor Terbaik menurut saya)

15 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

siapakah aktor terbaik itu?

Ebik dei said...

Cerita di kala boker

Newsoul said...

He, untungnya saya bukan wartawan infotainment, jadi tidak punya waktu untuk memikirkan aktor/artis dan peran-peran mereka. Memikirkan diri sendiri saja saya kekurangan waktu Pit.

ivan kavalera said...

he he..hebat dong bisa dapat ide bagus dan luar biasa dari toilet. Tapi, contohnya aja.. tahu gak kalo Pancasila itu justru sebuah ideologi yg diperoleh Bung Karno pada suatu hari di belakang rumahnya?

buwel said...

wah kok nggak mau maen bareng pit......kurang ganteng ya aktornya...heehehehhe

a-chen said...

aku kah aktor terbaik itu....^_^

senoaji said...

setuju Pit, WC adalah tempat terbaik untuk kontemplasi!

sik.. sik.. mengambil sebuah peran dan dimainkan bersamamu...

pertanyaanne HOROR ora?

wkwkkwkw

pelangi anak said...

kalau saya sering dapat ide ketika mimpi he..he..he....abis demen banget ama tidur seh ha..ha..ha...

Ari said...

Wek..kekk...kekk...
Pantesan Postingannya agak Bau Gimana Gitu.
Wong idenya dari sana...

Gak ding.
Ide bisa muncul dari mana saja, termasuk ketika Bloggraying ( NGRAYANGI BLOG..., istilah Opo iki ).

Contoh,
Ketika melihat FOTO yang hanya satu mata. Koq jadi ingin Posting,
Tentang mata satu ya...

buwel said...

Siang pit, sukses selalu ya...

A-Chen said...

Hepi ramadhan...

nelli_l_yunara said...

Pipit...selamat pagi, aku juga sering dapat ide yg tidak sesuai tempatnya...jadi supaya tidak lupa aku selalu menyelipkan bollpoint dan secuil kertas didalam tas atau di tempat2 sekitarku termasuk dalam kamar mandi hehehe...

puisi cinta said...

sama d╬śnk, aku juga pling bnyk nemu ide d toilet.
makanya kalo ke toilet suka lamaaaaa... bgt..
hihi...

Noor's blog (inside of me) said...

Paling susah kalau memainkan peranan jadi orang lain, habis ngatur diri sendiri aja susah..he..he

Noor's blog (inside of me) said...

Naskahnya masih kosong ..? aku pikir mungkin aktor terbaik itu memintamu memerankan diri sendiri atau jadilah dirimu sendiri