Jun 21, 2013

Nowhere Boy (2009)

Beberapa waktu yang lalu, saya baca-baca majalah film (saya lupa namanya) dan nemu referensi tentang film yang berjudul Nowhere Boy. Awalnya saya tertarik dengan judulnya yang saya artikan sebagai "Anak Antah Berantah." Setelah saya baca, ternyata film itu merupakan film tentang masa muda John Lennon. Saya yang merupakan penggemar lagu-lagu The Beatles tertarik untuk mencari film itu.

Dan akhirnya saya mendapatkan film Nowhere Boy yang rilis di tahun 2009 ini. Film yang disutradarai oleh Sam Taylor-Wood ini berseting di Inggris pada tahun 1955-1960. Film ini ditulis oleh saudara tiri John Lennon, Julia Baird. Aaron Johnson dipercayai untuk memerankan peran utama di film ini, yaitu sebagai John Lennon muda.
Berawal dari pemakaman Paman Goerge (David Threlfall), John bertemu dengan ibu kandungnya yang telah lama terpisah yang bernama Julia (Anne-Marie Duff). John pun diam-diam mengunjungi rumah ibu kandungnya agar tidak ketahuan oleh bibinya, Mimi (Kristin Scott Thomas). Dalam kunjungan itu, John belajar banyak tentang musik bersama ibunya. Ibunya suka sekali bermain musik dan menyanyi. Darah musik pada diri John memang berasal dari Julia. Suatu hari, John dan Julia menonton pertujukan Elvis Presley. Sejak itulah John mulai tergila-gila dengan musik rock 'n roll. Kemudian dia  membentuk band rock 'n roll bersama teman-teman sekolahnya. Band pertama John mempunyai nama The Quarrymen. Pertunjukan pertama The Quarrymen disaksikan oleh Paul McCartney muda (Thomas Brodie-Sangster). Paul berniat untuk bergabung dengan The Quarrymen dengan menujukkan kepiawaiannya dalam bermain gitar kepada anggota band. John menerimanya dan menjadikannya sebagai guru menggitarnya. Dalam film ini, Paul menunjukkan pada John bahwa untuk menjadi bintang rock 'n roll itu tidak perlu bertingkah seperti berandalan karena rock 'n roll itu adalah musik, sesederhana itu. The Quarrymen menjadi semakin terkenal dan melakukan beberapa pertunjukan. Bertemulah John dengan Goerge Harrison (Sam Bell) dan mengajaknya bergabung dengan band. Film ini bisa dikatakan sebagai sejarah awal terbentuknya The Beatles.
Nowhere Boy tidak hanya bercerita tentang musik, tapi juga berbagai permasalahan pribadi yang dihadapi John Lennon muda. Sejak kecil, dia tidak diasuh oleh orang tua kandungnya, tetapi oleh paman dan bibinya. Ketika ketahuan bahwa dia telah bertemu dengan ibunya, John dimarahi oleh Mimi. John juga tidak mengetahui di mana keberadaan ayah kandungnya. Tidak ada yang mengatakan mengapa sedari kecil dia tidak diasuh oleh orang tua kandungnya atau di mana ayahnya. Mimi juga tidak terlalu suka dengan jiwa bermusik John karena itu mengganggu prestasi akademik di sekolahnya. John juga harus terpaksa pergi meninggalkan rumah Julia karena ayah tirinya tidak mengijinkannya tinggal di situ. Di rumah Mimi pun terlalu banyak peraturan yang mengekangnya.
Meskipun banyak masalah keluarga yang diungkap dalam film ini, Nowhere Boy termasuk film ringan yang cocok untuk ditonton di waktu senggang. Dari film ini, kita mengetahui bagaimana seorang remaja bernama John Lennon melalui hidupnya. Keluarga, pertemanan, dan musik adalah inti dari film ini. Menurut saya, drama dalam film ini lebih mengena daripada musiknya. Tidak terlalu 'musik' untuk ukuran film yang bercerita tentang John Lennon, tapi tetap mempunyai cerita drama yang bagus. Hmmm... Kasih berapa bintang ya enaknya??? Hehehe... Saya kasih 4 bintang dari 5 bintang untuk film ini. ;)

No comments: