Apr 20, 2012

Beach Boys (Japanese Drama)

Belakangan ini saya kembali nonton serial drama dari Jepang tahun 1997 berjudul Beach Boys. Dulu waktu saya masih SD, saya suka banget nonton Beach Boys di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia. Untuk anak seumuran saya waktu, cerita drama di serial ini sangat mudah dimengerti, make sense, tidak muluk-muluk konfliknya, lucu, dan lebih bertemakan drama keluarga dan pertemanan daripada drama percintaan. Beach Boys terdiri dari 12 episode dan 1 bonus film.

Beach Boys
Screen Writer: Okada Yoshikazu
Producers: Kameyama Chihiro, Takai Ichiro
Directors: Ishizaka Reiko, Sawada Kensaku, Kimura Tatsuaki
Music: Takabe Satoshi

Awal mula cerita di serial ini adalah ketika Sakurai Hiromi (Sorimachi Takashi) dan Suzuki Kaito (Takenouchi Yutaka) bertemu dalam perjalanan menuju sebuah pantai pada saat awal musim panas. Hiromi yang hidupnya serampangan telah diusir oleh mantan kekasihnya, sehingga keadaan memaksanya untuk mencari tempat tinggal baru. Pada awalnya dia tidak merencanakan untuk pergi ke pantai, sampai dia berhenti di pompa bensin (untuk membeli bensin dan membayar dengan uang yang kurang) dan mendapatkan rekomendasi tempat yang bagus saat musim panas dari petugas pompa bensin. Sedangkan Kaito, seorang pekerja kantoran yang sukses di usia muda dan hidupnya sangat teratur, berencana berlibur ke pantai untuk melepaskan tekanan yang dia dapatkan dari kantornya. Dalam perjalanan, Kaito melihat Hiromi sedang mendorong mobilnya yang mogok karena kehabisan bensin (ternyata bensin yang dia beli tadi tetap tidak menyelamatkan nyawa mobilnya). Kaito pun membantunya mendorong mobil sampai tempat tujuan.

Di pantai itu terdapat sebuah penginapan bernama Minshuku Inn yang dikelola oleh seorang kakek bernama Izumi Masaru (Mike Maki) dan cucu perempuannya yang masih duduk di kelas dua SMA, Izumi Makoto (Hirosue Ryoko). Minshuku Inn sedang membutuhkan seorang pegawai part time untuk membantu mengelola penginapan itu di musim panas. Jadilah Hiromi melamar menjadi pegawai part time di tempat itu, Kaito tetap menjalankan rencananya untuk berlibur dan menjadi costumer di penginapan itu. Seiring berjalannya waktu, Hiromi dan Kaito merasa menjadi bagian dari keluarga dengan Masaru, Makoto, dan Haruko (perempuan pemilik bar dekat Minshuku Inn yang diperankan oleh Inamori Izumi).

Hiromi, Kaito, Makoto

Ketika Kaito mulai mencintai suasana pantai, musim panas, dan Minshuku Inn, dia dipanggil oleh bosnya untuk kembali bekerja di kota. Hiromi tampaknya berencana untuk tinggal di penginapan tua itu untuk waktu yang lama. Hiromi mulai mengagumi Izumi Masaru yang menurutnya adalah seorang kakek yang "keren" dan lives his own life. Kaito kemudian memutuskan kembali lagi ke penginapan dan bekerja di tempat itu. Suatu keputusan yang berani untuk meninggalkan semua yang dimilikinya di kota. Untuk pertama kalinya dia memutuskan untuk tidak merencanakan apa pun di hidupnya, dia bahkan tidak tahu sampai kapan dia akan bertahan di penginapan yang hanya buka di setiap musim panas itu.

Belajar dari musim panas, pantai, laut, Minshuku Inn, serta tamu-tamu yang datang dan pergi, Kaito dan Hiromi mulai mencari mimpi-mimpi dan harapan baru dalam hidup mereka.

Tokoh favorit saya di sini adalah Hiromi karena meskipun serampangan, dia mempunyai perasan yang sensitif dan tahu harus berbuat apa. Dia juga sering mengeluarkan statement yang touching.

Serial ini saya kasih 5 bintang dari 5 bintang :D

41 comments:

Anonymous said...

Drama jaman waktu aku SD juga. Kangen pengen nonton lagi, ada gk ya TV swasta yg tayangin lagi? mau cari DVD tempatnya dimana?

pipit pito said...

hehe... kalo cari DVD lengkapnya saya gak tau di mana itu.. coba cari di internet, siapa tau ada yang jual via online shop..

satubendera said...

oya saya juga tertarik bgd..dengan film satu ini..kehidupan yang damai sekali ...makoto
yg ada dvd share y..
ke www.satubendera.com

satubendera said...

aku juga sangat tertarik dgn film ini
hidup yg real dan damai share dvd ya

feri said...

oya saya juga tertarik bgd..dengan film satu ini..kehidupan yang damai sekali ...makoto
yg ada dvd share y..
ke www.satubendera.com

Anonymous said...

beach boys drama terbaik sepanjang masa tuk hiromi sakurai keren abis ak pengin kaya drmu

Azahari Reyes @ Jason a.k.a horukuru said...

Hio,

U know where to find the special episode for these drama with English subtitle ?

AfifDean said...

ini film penuh pelajaran hidup.. setujuu 5 dari 5 bintang! kereen :D

Achmad Juniarba said...

Dorama ini karakter hiromi dan kaito hampir mirip aku dengan sahabatku. Saat bertemu selalu berantem ntah masalah kecil sekalipun, saling bersaing juga waktu itu. Hahaha.... satu lagi yang spesial, setelah diliat-liat Kaito (Takenouchi Yutaka) wajahnya juga mirip dengan sahabatku. Sedangkan aku, tingkah lakuku sangat mirip dengan hiromi yang susah untuk serius. Hahaha

Klo ditayangin lagi, ku dedikasikan untuk sahabatku

Achmad Juniarba said...

Sampai sekarang Q sering nonton di komputer nggk bosen, apalagi karakter 2 tokoh itu mirip dengan aku dan sahabatku.
Aku yang tak pernah bisa serius sedangkan sahabatku selalu terlihat serius. Setiap bertemu lebih sering berantemnya hahaha.

Klo maen di tv lagi, dorama ini ku dedikasikan untuk sahabatku.

Daday Harda said...

GW kangen banget ama ini Drama...

d4rk-0n3 said...

ane suka banget ama nih drama..
kemaren ane dah nemu full episode, tapi kena virus, ilang semua.. ntar kalo ane nemu,, ane bagiin dach.. lupa donlot di mana..

d4rk-0n3 said...

ane suka banget ama nih drama.. kedamaiannya kena..

ane dulu punya full episode, tapi kena virus, ilang semua.. ntar kalo ane nemu lagi, ane kasihin linknya..

ni lagi proses pencaran.. :D

d4rk-0n3 said...

ane suka banget ama nih drama..
kemaren ane dah nemu full episode, tapi kena virus, ilang semua.. ntar kalo ane nemu,, ane bagiin dach.. lupa donlot di mana..

ega apriyana said...

baca artikel ini jadi kaya balik lagi ke jaman SD siang2, kNGEEEEEEN DRAMANYA

ega apriyana said...

baca artikel ini jadi kaya balik lagi ke jaman SD siang2, kNGEEEEEEN DRAMANYA

ryizzwell said...

kalo ini pilm ak pas kelas 1 smp,

ryizzwell said...

ni pilem waktu ak kelas 1 smp, kalo ga salaht taun 2000 - 2003 gitu lupa kapan

Hironimus Ronny said...

untuk film ini ku kasih bintang sebanyak bintang di langit!! hahaha

info aja:ane pnya komplit episode serial ini juga ada GTO heehehe

awan dharma said...

gue ngikutin semua drama jepang yg tayang di indosiar..ini br dpt beachboys...pesennya adalah hiduplah di hidupmu sendiri maka kau akan temukan kebahagiaan

awan dharma said...

gue ngikutin semua drama jepang yg tayang di indosiar..ini br dpt beachboys...pesennya adalah hiduplah di hidupmu sendiri maka kau akan temukan kebahagiaan

romi ommyy said...

ternyata saya tidak sendiri, banyak juga yang suka serial ini! :)

leely lazuardi said...

to; Hironimus Ronny
aku mintaaaaaa.... bentuknya apa yak? file atau dvd??

leely lazuardi said...

to : Hironimus Ronny
aku mauuuu, ini bentuk file atau dvd?

Anonymous said...

hahaha...apa yang di nonton waktu kecil kenangan nya selalu terngiang sepanjang masa...

Dhani Kurenai said...

ga bosen nonton drama ini...kebetulan di you tobe juga ada film nya....makoto chan omoshirokutemo dana :)

Anonymous said...

Aq inget banget film ini, d puter waktu aq SMA kelas 2, tahun 2001 di indosiar tiap hari sabtu jam 5-6 sore. Klo ada yg tahu bisa download dmana...

Anonymous said...

Serial ini ditayangin lg di chanel waku waku japan...

ikhwan said...

nontonya sih pas sd ,tp kenanganya sampai tua wkwkwkwk

Anonymous said...

baru aja nonton lagi di waku waku japan. Masih tetep seru

Anonymous said...

Iya bener, ane lagi ngikutin ne serial di waku2 japan jam 19.00wib cuman keliwat 4 episode awal,,, :(

Bener2 drama yg ditonton berulang gak ngebosenin, inget masa dulu jd anak ingusan, hehe

Dani Hardiansyah said...

Selama Bulan Puasa kmaren drama ini muncul di Chanel Waku Waku japan, tayang tiap hari jam 19.00 , sayang cuman 12 episode yaa..good movie

susy en aisa said...

Kereeeeen bgt buat nih film jd nostalgia lg

susy en aisa said...

Kereeen bgt deh nih dorama asli gw demen bgt nontonnya

Adi Liem said...

Love this dorama so muchhhhh, ada yg punya versi dorama original gak,yang bagus kualitasnya?

tristan ryanto said...

drama ini aku lihat pas masa SMU di tahun 2001 dan aku salah paham sbg drama "Long Vacation",,,, yg diputar langsung menyambung sehabis drama tsb,,, pasalnya aku tertarik dgn drama ini gara2 theme song nya (yg dulu aku kira berjudul: "O Mare-mare",,, daripada Long Vacation) lucunya, walopun taunya O Mare Mare, tapi tiap kali yg aku tonton selalu pas drama Beach Boys (soalnya pas bertepatan dgn aku pulang sekolah jd dapat bagiannya pas mendekati closing Lost Vacation lalu mulai Beach Boys (indosiar manjadikannya tidak ada jeda jd aku kira ya 2 drma ini masih 1 film) yg aku sangka sbg O Mare-Mare itu,,, belakangan bertahun2 kemudian aku baru tahu jika yg aku kira sbg "O Mare Mare" itu berjudul "Long Vacation" dimana lagunya berjudul" La La La Love Song" dinyanyikan oleh Toshinobu Kubota (anjriiit ay suka banget ame lagu ini, walopun ay gag tau artinya dan aslinya gw adalah penyuka aliran extreme metal) dimana pada teks awal lagunya ada lyriknya adalah: "Maware Maware Merry-Go-Round, Mou keshite Tomarai Yo Ni Ugokidashita Melody La La La,,Love Song,,, Naaah, "Maware Maware" itu yg dulu aku kira sbg "O Mare Mare",,,wkwwkwk maklum masih bocah jd penuh imaginasi),,, jadi intinya aku mengira drama Beach Boys ini sbg Long Vacation krn: 1. sesuai dgn judulnya, kisah liburan panjang di pantai bisa juga diartikan sbg Long Vacation, 2. baik Yutaka Takeuchi, Izumi Inamori dan Hirosue jg main di Long Vacation jd ya masih 1 film (cuma aku dulu aku cuma heran sj mana takuya kimuranya di beach boys itu ya, dr cerita cinta dgn piano beralih ke pantai,,, aku sama sekali gag ngira jika drama tsb aslinya 2 judul yg berbeda)

Vandy Rizaldi said...

Kemarin saya ke warnet andalan di Jogja berniat ngangkut drama ini buat ditonton kembali, dan yang saya lakukan justru nyari Long Vacation karena berpikiran sama dengan masbro hahaha.
Begitu saya preview trus kaget, "lho kok piano ? ini mah kesukaan kakak perempuan saya" jadi keinget kalo dulu emang gantian nontonnya karena jadwalnya berdampingan.
gara2 drama beach boys ini saya dulu sore2 udah pulang dari sekolah, yang biasanya ngelayap dulu sampe malem :D

d4rk-0n3 said...

ini gan n sis yg pengen nonton..

http://newasiantv.to/watch/beach-boys-episode-1-english-sub.1302.ZWWFA.html

Anonymous said...

Iya ya..bnr2 kangeeeeen bgt ma dorama ini. andai ada tv swasta yg bs tayangin lg ya..:)
Film yg berkesan bgt..pemainnya bgs2.dan betul! Tdk melulu cerita ttg percintaan melainkan persahabatan..tnyta bnyk jg yg msh suka ma ni film.. ga kerasa ya dah 15 taon yg lalu..hik hik..pgn deh pny cd ori-nya

Anonymous said...

Iya ya..bnr2 kangeeeeen bgt ma dorama ini. andai ada tv swasta yg bs tayangin lg ya..:)
Film yg berkesan bgt..pemainnya bgs2.dan betul! Tdk melulu cerita ttg percintaan melainkan persahabatan..tnyta bnyk jg yg msh suka ma ni film.. ga kerasa ya dah 15 taon yg lalu..hik hik..pgn deh pny cd ori-nya

Èí Sçhùmí said...

cari di kissasian

tradisi jepang kalo buat drama emang cm 12 episode krna mnyesuaikn dgn musim yg ada di sana

musim panas dramanya tntg pantai sprti beach boys ini, ntar pas musim salju ganti lg dramanya